BUAT LAPORAN PALSU DIRAMPOK, PRIA 30 TAHUN DIAMANKAN POLISI

Indcyber.com, Kutai Kartanegara – Jajaran Polsek Kota Bangun berhasil membekuk seorang pelaku tindak pidana pencurian sarang burung walet pada Jumat (24/5/19). Selain mengamankan pelaku, petugas juga menyita belasan keping sarang burung walet dan sejumlah barang bukti lainnya dari pelaku tersebut.

Kejadian ini bermula pada saat korban bernama Kasrin warga Desa Loleng, Kecamatan Kota Bangun, Kutai Kartanegara, terbangun dari tidur untuk melaksanakan makan sahur. Kemudian tiba-tiba saja mendengar suara orang sedang menggergaji dinding, dengan penasaran korban pun langsung keluar rumah dan mendapati seorang laki-laki yang tidak dikenal menarik dinding sarang burung waletnya. Melihat hal itu korban berteriak meminta bantuan kepada warga sekitar serta mengejar orang tersebut kedalam hutan.

“Pada Kamis (23/4/19) sekitar 03.30 Wita korban Kasrin ini terbangun dari tidurnya yang hendak melaksanakan makan sahur, tiba-tiba saja mendengar suara seperti orang sedang menggergaji, lalu korban keluar rumah dan mendapati seorang laki-laki menarik dinding sarang waletnya. Dan meilhat hal itu korban langsung berteriak maling serta mengejar orang tersebut yang berlari ke dalam hutan, namun orang yang tak dikenal itu tidak ditemukan,” terang Kapolres Kutai Kartanegara AKPB Anwar Haidar melalui Kapolsek Kota Bangun AKP Subari.

Lebih lanjut, AKP Subari mengemukakan, setelah melihat sarang burung walet miliknya sudah berlubang, korban Kasrin bersama anak bernama M. Maidi yang juga menjadi korban pencurian, langsung melaoprkan kejadian tersebut ke Polsek Kota Bangun.

“Setelah menerima laporan korban, petugas langsung melakukan pemeriksaan di tempat kejadian perkara (TKP). Pada saat dilakukan pengecekan petugas mendapati barang bukti yang diduga milik pelaku tertinggal disekitar lokasi sarang burung walet yakni, 1 buah parang, 1 buah linggis, 1 buah bor kayu, 1 buah gergaji, 1 buah gunting besi, 1 buah kikir, 1 buah palu, 1 buah tas dan 1 unit sepeda motor KT 2319 TA berada di semak-semak, yang berjarak sekitar 300 meter dari lokas sarang burung walet,” jelas AKP Subari.

Pada Jumat (24/5/9) Unit Reskrim Polsek Kota Bangun menerima informasi dari anggota Polsek Muara Wis, bahwa ada seorang laki-laki yang mengaku bernama Mashur (30) merupakan warga Desa Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu, telah datang untuk melaporkan karena dirampok oleh orang tak dikenal di wilayah Kecamatan Kota Bangun, dan mengaku kehilangan 1 unit sepeda motor serta uang tunai Rp. 5.000.000,-.

“Setelah menerima laporan itu, petugas mencurigai bahwa Mashur telah melakukan pencurian sarang burung walet di Desa Loleng, Kecamatan Kota Bangun. Namun, pada saat itu Mashur sedang membuat laporan palsu di Polsek Muara Wis, dimana telah dirampok oleh orang tak dikenal dan kehilangan 1 unit sepeda motor serta uang tunai,” ungkap AKP Subari.

Tak menunggu lama, petugas pun langsung meringkus pelaku Mashur yang sedang membuat laporan palsu tersebut. Setelah dilakukan introgasi dan pendalaman, pelaku akhirnya mengaku telah melakukan pencurian di 2 rumah atau sarang burung walet di Desa Loleng, Kecamatan Kota Bangun, Kutai Kartanegara, pada Kamis (23/5/19).

“Usai dilakukan pendalaman dan introgasi, akhirnya pelaku Mashur mengaku telah melakukan pencurian tersebut di Desa Loleng, Kota Bangun, Kukar. Dari tangan pelaku petugas berhasil mengamankan 16 keping sarang burung walet, dan atas perbuatanya pelaku Mashur dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman kurungan 7 hingga 10 tahun penjara,” tegas AKP Subari.(fin)

1,803 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

6 Comments on “BUAT LAPORAN PALSU DIRAMPOK, PRIA 30 TAHUN DIAMANKAN POLISI”

  1. I cling on to listening to the reports lecture about receiving boundless online grant applications so I have been looking around for the best site to get one. Could you tell me please, where could i find some?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *