PERESMIAN GEDUNG PUSBAN BAKUNGAN

Indcyber.com, Kutai Kartanegara – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meresmikan Puskesmas Pembantu (Pusban) Bakungan Kecamatan Loa Janan, ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita pada Rabu (13/2/19).

Gedung Pusban Bakungan itu merupakan hasil kolaborasi antara Pemerintah Desa Bakungan dengan PT Alam Jaya Bara Pratama (ABP), melalui program tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responcibility (CSR).

Kepala Desa Bakungan Amrizal mengatakan bangunan Pusban itu  menelan biaya Rp.398.690 juta yang berasal dari program CSR ABP tahun 2018.

“Pusban ini sendiri sebelum direnovasi, merupakan bangunan kayu berukuran 6 x 8 meter dan saat ini menjadi bangunan permanen dengan ukuran 8 x 12 meter. Kami ucapkan terima kasih kepada PT ABP atas bantuan yang diberikan,” ujar Amrizal.

Selain program pembangunan Pusban Bakungan, tahun 2018 pemerintah desa setempat juga melakukan program pembangunan wc di sekolah-sekolah dan tempat ibadah, serta program bedah rumah.

“Program pembangunan wc bagi sekolah-sekolah dilakukan karena untuk mencegah sedini mungkin penyebaran kanker rahim bagi wanita. Pemikiran kami kanker rahim tidak hanya terjadi akibat hubungan intim, namun juga dapat disebabkan kurang bersihnya lingkungan, termasuk kebersihan wc,” kata Amrizal.

Sementara itu, Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, keberadaan fasilitas kesehatan yang sesuai dengan persyaratan akan berdampak pada kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Bangunan fisik fasilitas kesehatan seperti Pusban ini merupakan aset yang dapat dilihat secara fisik yang bisa mempengaruhi masyarakat untuk datang berobat.

“Pada hari ini saya merasa sangat berbahagia karena kita semua dapat menyaksikan salah satu bangunan fasilitas pelayanan kesehatan yang cukup représentatif berupa Pusban di Desa Bakungan ini. Dan yang lebih menggembirakan bahwa upaya perbaikan pusban ini merupakan salah satu wujud peran dan partisipasi dari Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP), yaitu PT ABP,” ucap Edi Damansyah.

Lebih lanjut ia berharap dengan adanya perbaikan bangunan Pusban Bakungan tersebut, dapat meningkatkan kinerja para petugas kesehatan yang bekerja di dalamnya, baik dalam menjalankan pelayanan dalam gedung maupun luar gedung. 

Pada sisi lain ia juga mengingatkan bahwa setelah tersedia sarana dan prasarana pelayanan kesehatan, maka faktor pemeliharaan menjadi sangat penting agar tetap menjaga fasilitas tersebut tetap terawat.

“Pemerintah daerah akan terus berupaya memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana baik fisik, peralatan medis maupun non medis bagi fasilitas pelayanan kesehatan, tugas pemakai dalam hal ini petugas kesehatan memanfaatkannya secara maksimal bagi kepentingan masyarakat,” cetus Edi Damansyah.(fin/medsi02)

244 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

6 Comments on “PERESMIAN GEDUNG PUSBAN BAKUNGAN”

  1. You actually make it appear so easy with your presentation but I find this matter to be actually something that I think I’d never understand. It kind of feels too complicated and extremely wide for me. I’m taking a look ahead on your next publish, I will try to get the cling of it!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *